Jelang peluncuran perdananya, Hyundai Motor Company (HMC) terus menyempurnakan EV performa pertamanya Ioniq 5 N. Ini adalah EV performa pertama dari lini N Hyundai, yang biasanya diberikan pada produk bermesin konvensional, ke dalam produk kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

HMC menargetkan tiga pilar untuk dipenuhi oleh Ioniq 5 versi performa tinggi N. Yakni keandalan di tikungan, kemampuan melibas sirkuit dan menjadi mobil sport harian. Pabrikan menggabungkan produk dengan platform E-GMP ini dengan kemampuan N yang dikembangkan Hyundai lewat R&D Center di Korea Selatan dan pengujian di sirkuit Nurburgring.

“Sirkuit Nurburgring menjadi tempat model terbaru ini mendapatkan status N. Pembuktian produk EV performa pertama N model kami dilakukan di sini. Ioniq 5 N telah menyelesaikan 10.000 kilometer tes durabilitas yang menjadi bukti penting bahwa kendaraan ini menawarkan ketahanan tinggi dan kemampuan melibas sirkuit. Saat ini kami memulai pengujian 10.000 kilometer kedua untuk mengetahui batasan Ioniq 5 N,” ucap Till Wartenberg, Vice President and Head of N Brand & Motorsport HMC dalam keterangannya belum lama ini.

Ioniq 5 N

Hyundai berusaha menghadirkan pengalaman performa mesin konvensional ke produk ramah lingkungan. Salah satu caranya dengan menghadirkan teknologi N Active Sound + dan N e-Shift.

Teknologi N Active Sound + menghadirkan suara yang dihasilkan dari 10 speaker di kendaraan, 8 speaker di dalam dan 2 speaker di luar. Tujuannya, untuk menghadirkan suara layaknya produk ICE performa. Suara yang paling menarik adalah suara N 2025 Vision Gran Turismo dan kendaraan konsep RN22e. Hyundai menggambarkan suara ini seperti mesin jet pesawat tempur.

Fitur N e-Shift bekerja bersama dengan N Active Sound +. Fitur ini mensimulasikan transmisi DCT delapan percepatan, termasuk menghadirkan sensasi up shift dan down shift yang mendekati pengalaman berkendara ICE performa.

2023 Hyundai Ioniq 5 N

Hyundai sudah memperlihatkan beberapa teaser Ioniq 5 N pada media sosial mereka. Salah satunya lewat video mobil ini melahap sirkuit Nurburgring. Suaranya cukup meyakinkan dan sempat mengira Ioniq 5 ini adalah sebuah mobil ICE sport.

Salah satu perhatian pada EV performa ini adalah sistem pendinginan. Hyundai memperbesar area pendinginan dengan pengmasangan radiator secara efisien termasuk penggunaan pendinginan dengan pelumas. Hyundai menghadirkan N Battery Preconditioning dan N Race.

Teknologi N Battery Preconditioning mengatur suhu sel baterai ke suhu yang paling hemat daya. Hyundai menawarkan dua mode pendinginan yakni “Drag” dan “Track” yang menyesuaikan kebutuhan performa. Drag untuk kecepatan maksimal di lintasan lurus, dan Track, sesuai namanya, untuk kebutuhan di lintasan sirkuit.

2023 Hyundai Ioniq 5 N

Fitur N Race menawarkan mode “Sprint” dan “Endurance”. Keduanya tentu digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk membatasi lonjakan daya tiba-tiba yang memperlambat peningkatan suhu dan meningkatkan daya tahan baterai.

Dunia akan menjadi saksi perdana kehadiran Ioniq 5 N pada ajang Goodwood Festival of Speed 13 Juli mendatang. Tidak sabar melihat bentuk dari EV populer Hyundai ini menjadi sebuah kendaraan performa.

Apakah model ini juga akan hadir di Indonesia? Belum ada bocoran informasi tersebut namun melihat antusiasme Ioniq 5 di Tanah Air, rasanya kemungkinan model ini tiba di Indonesia cukup terbuka lebar.