Sebuah video pendek memperlihatkan SUV terkamuflase tebal. Bila diperhatikan sosoknya menyerupai Hyundai Creta. Kemungkinan ini model facelift yang sedang dites. Karena lokasinya berada di National Automotive Test Tracks (NATRAX). Tempat biasa mengetes mobil maupun motor di Godgaon, India. Kemungkinan besar ini adalah Creta facelift. Namun perubahannya masih jauh untuk diterka. Sepertinya mengalami perubahan fasad cukup drastis. Bisa jadi mengambil karakter mirip Palisade terbaru. 

Dari informasi yang beredar, Hyundai Creta terbaru nanti memiliki perbedaan dibanding versi Asia Tenggara, Brazil dan Afrika Selatan. Bahkan proporsi tubuh lain dibanding Santa Fe atau Tucson. Model facelift di India bakal terinspirasi Palisade.

Hyundai Creta facelift

Memang belum bisa dinilai karena kamuflase tebal. Tapi terlihat cluster headlamp vertikal yang kemungkinan bagian terpisah. Lalu LED Daytime Running Lamp sepintas serupa milik Palisade. Dalam video, juga sedikit terlihat grille baru dengan detail seperti kubus. Mungkin saja Creta mengadopsi LED horizontal memanjang seperti Stargazer. Bagian lain yang terlihat adalah pelek two-tone palang lima. Sedangkan bagian belakang tertutup samaran tebal. 

Sepertinya tidak ada perubahan dari mesin. Unit Smartstream 1,5 liter masih cocok untuk pasar Asia Tenggara. Enjin NA sanggup memompa tenaga maksimum 115 PS pada 6.300 rpm. Lalu torsi puncak 143,8 Nm dari 4.500 rpm. Empat jenis mode berkendara: Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Opsi lain di India ada 1,5 turbo (160 PS) dan 1,5 liter diesel. Transmisi pakai Intelligent Variable Transmission (IVT) serta manual.

Hyundai Creta facelift

Fitur keselamatan standar sudah tergolong lengkap. Seperti airbag driver, passenger, side & curtain (6 titik), rem ABS plus EBD, Electronic Stability Control (ESC). Kemudian terpasang Vehicle Stability Management Control (VSM), Hill Start Assist Control (HAC), Cruise Control, serta Parking Assist. Ditambah Hyundai SmartSense yang juga jadi jualan utama. Memiliki fungsi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA). Termasuk Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) serta Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Rencananya, Hyundai mulai merakit Creta facelift di pabrik Chennai pada pertengahan Januari 2024. Mengikuti peluncuran ke pasar kemungkinan besar Februari tahun depan. Tak menutup kemungkinan versi Indonesia kebagian penyegaran seperti itu.